Cedera Meniskus (Paha, Lutut, Betis, Tulang Kering)


Deskripsi
Cedera pada lutut yang disertai robeknya meniskus sangat umum terjadi. Aktivitas memutar lutut atau memberikan tekanan berat di atasnya dapat menyebabkan robeknya meniskus.

Setiap lutut memiliki dua meniskus berbentuk potongan tulang rawan yang bertindak seperti bantal antara tulang kering dan tulang paha Anda. Ketika meniskus robek, akan menyebabkan rasa sakit, pembengkakan dan kekakuan. Anda mungkin akan merasa lutut tidak stabil, seolah-olah akan runtuh.

Cedera lutut / meniskus

Penyebab
Aktivitas memutar lutut yang terlalu agresif atau tiba-tiba dapat menyebabkan robeknya meniskus. Bahkan berlutut, jongkok atau mengangkat sesuatu yang berat kadang-kadang dapat menyebabkan robeknya meniskus. Pada orang dewasa yang lebih tua, perubahan degeneratif pada lutut juga dapat menyebabkan robeknya meniskus.

Gejala
Robeknya meniskus ditandai oleh gejala:
1. Pembengkakan atau kekakuan
2. Rasa nyeri terutama ketika memutar lutut
3. Kesulitan meluruskan lutut Anda sepenuhnya

Pengobatan
Hubungi dokter jika lutut Anda bengkak, terasa menyakitkan, atau tidak bisa digerakkan seperti biasa. Pengobatan untuk robeknya meniskus sering dimulai secara konservatif, seperti:

1. Istirahat
Hindari kegiatan yang memperburuk nyeri lutut Anda, terutama segala aktivitas yang dapat menyebabkan Anda memutar lutut.

2. Kompres dengan es
Es dapat mengurangi rasa sakit lutut dan bengkak. Gunakan kompres dingin, sekantong sayuran beku atau handuk yang diisi dengan es batu selama sekitar 15 menit. Lakukan ini setiap empat sampai enam jam pada hari pertama atau kedua, dan kemudian sesering yang diperlukan.

3. Obat
Obat penghilang rasa nyeri juga dapat membantu meringankan nyeri lutut.

4. Terapi
Terapi fisik dapat membantu Anda memperkuat otot-otot sekitar lutut dan kaki sehingga dapat membantu menstabilkan dan mendukung sendi lutut.